-->

Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Pkn.

Mengenal Apa itu PKn /Pendidikan kewarganegaraan?


Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.

Dari definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk mencakup proses penyiapan generasi muda untuk mengambil peran dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, peran pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.

Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia diharapkan dapat menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.

Pendidikan Kewarganegaraan menurut Depdiknas (2006:49), adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NRI 1945.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)


a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan        kebangsaan”.

b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta perilaku yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat    Indonesia.

Sedangkan menurut Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh nalar dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik  yang    sehat    serta     perbaikan         masyarakat.

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik, yang dapat dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa diharapkan :

  1. Mampu Memahami dan menguasai secara nalar konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan    hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
  2. Memahami secara langsung apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan hukum yang berlaku dalam Negara RI.
  3. Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
  4. Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap perilaku diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.

Secara umum, menurut Maftuh dan Sapriya (2005:30) bahwa, Tujuan negara mengembangkan Pendiddikan Kewarganegaraan agar setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), yakni warga negara yang memiliki kecerdasan (civics inteliegence) baik intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual; memiliki rasa bangga dan tanggung jawab (civics responsibility); dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka dapat saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman

Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai setelah pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


  1. Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman cita-cita nasional /tujuan Negara.
  2. Siswa/mahasiswa sebagai genersi baru Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan      masalah pribadi, masyarakat dan negara.
  3. Dapat mengapresiasikan cita-cita nasional dan dapat membuat keputusan-keputusan yang cerdas.
  4. Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia  kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD NKRI 1945.

Itulah sedikit gambaran mengenai Apa itu Pkn, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Pkn itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 35 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay


Adapun Untuk contoh Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1  adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan disebut....
    a. dekonsentrasi
    b. desentralisasi
    c. sentralisasi
    d. tugas pembantuan
    e. daerah otonom

2. Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica berupa pemisahan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif adalah....
    a. Monstesquieu
    b. John Locke
    c. Afdi Afdian
    d. Moh. Mahfud
    e. Jimly Asshiddiqie

3. Mempunyai kekuasaan untuk menetapkan UUD 1945, melantik presiden serta mengubah UUD 1945 merupakan tugas dari....
    a. presiden
    b. DPR
    c. BPK
    d. MPR
    e. DPA

4. Tugas lembaga legislatif adalah.....
    a. melaksanakan undang-undang
    b. melakukan hubungan diplomatik dengan negara-negara lain
    c. membuat undang-undang
    d. mengadili jika terjadi pelanggaran atas undang-undang
    e. merevisi undang-undang

5. Lembga-lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman adalah....
    a. presiden
    b. DPR
    c. BPK
    d. MPR
    e. Mahkamah Agung

6. Pemerintah daerah provinsi dipimpin oleh....
    a. Gubernur
    b. bupati
    c. DPRD
    d. walikota
    e. presiden

7. Menguji UU terhadap UUD 1945 merupakan wewenang....
    a. DPR
    b. MPR
    c. MK
    d. MA
    e. Presiden

8. Angota BPK  dipilih oleh....
    a. DPR
    b. MPR
    c. MK
    d. MA
    e. Presiden

9. Pemerintahan daerah diatur dengan undang-undang, yaitu...
    a. UU No. 32/2004
    b. UU No. 3/2002
    c. UU No. 34/2004
    d. UU No. 12/2006
    e. UU No. 39/1999

10. Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan terdapat dalam sistem....
     a. parlementer
     b. presidensial
     c. campuran
     d. monarki
     e. oligarki

11. Berikut ini urusan pemerintahan yang menjadi urusan pemerintah daerah adalah....
      a. pertahanan
      b. keamanan
      c. retribusi
      d. moneter
      e. fisikal

12. Calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan suara terbanyak dilantik oleh....
      a. presiden
      b.Menteri Dalam Negeri
      c. DPRD provinsi
      d. Menteri Pertahanan
      e. MPR

13. Dalam hal kepala daerah menghadapi krisis kepercayaan publik yang meluas karena dugaan melakukan tindak pidana dan melibatkan tanggung jawabnya, DPRD menggunakan hak..untuk menanggapinya.
      a. inisiatif
      b. angket
      c. interpelasi
      d. menyatakan pendapat
      e. mengajukan pertanyaan

14. Landasan hukum kementeriaan negara adalah UUD 1945 pasal....
      a. 17
      b. 18
      c. 19
      d. 22 C
      e. 23

15. Kabinet Gotong Royong dipimpin oleh presiden....
      a. Soekarno
      b. Soeharto
      c. B.J. Habibie
      d. Abdurrahman Wahid
      e. Megawati

16. Pasal 15 Undang-undang Dasar Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang kementerian negara secara tegas menyatakan bahwa jumlah maksimal kementerian negara yang dapat dibentuk berjumlah...
      a. 32
      b. 33
      c. 34
      d. 35
      e. 36

17. Kementrian yang bertugas melakukan sinkronisasi dan koordinasi kementrian-kementrian yang berada di lingkup tugasnya adalah...
      a. Kementerian Sekretariat Negara
      b. Kementrian Kesehatan
      c. Kementrian Lingkungan Hidup
      d. Kementrian Sosial
      e. Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian

18. Keberadaan Lembaga pemerintah nonkementrian diatur oleh peraturan predisen Republik Indonesia, yaitu Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor....
      a. 101 Tahun 2001
      b. 102 Tahun 2001
      c. 103 Tahun 2001
      d. 101 Tahun 2002
      e. 101 Tahun 2002

19. Di bawah ini merupakan kementrian di bawah koordinasi menteri koordinator bidang perekonomian, kecuali....
      a. BPS
      b. BULOG
      c. BKPM
      d. BAPPENAS
      e. BNN

20. BNN adalah kepangangan dari...
      a. Badan Nuklir Nasional
      b. Badan Nusantara Nasional
      c. Badan Narkotika Nasional
      d. Badan Nuklir Nusantara
      e. Badan Narkotika Nasional

21. Wilayah NKRI dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang. Hal tersebut adalah bunyi UUD 1945 pasal....
      a. 18 ayat (1)
      b. 18 ayat (2)
      c. 18 ayat (3)
      d. 25 A
      e. 37

22. Konsepsi yang menyatakan bahwa laut itu dapat diambil dan dimiliki oleh masing-masing negara disebut....
      a. res communis
      b. res nullius
      c. ZEE
      d. mare liberum
      e. batas laut teritorial

23. Wilayah laut suatu negara yang jaraknya 200 mil laut diukur dari pantai disebut...
      a. res communis
      b. res nullius
      c. ZEE
      d. mare liberum
      e. batas laut teritorial

24. Setiap negara mempunyai kedaulatan atas wilayah udaranya sampai yang diperlukan untuk menjaga keamananya disebut...
      a. teori keamanan
      b. teori pengawasan
      c. teori udara
      d. teori wilayah
      e. teori daratan

25. UU yang mengatur kewarganegaraan Indonesia yang sekarang berlaku adalah....
      a. UU No. 10 Tahun 2005
      b. UU No. 9 Tahun 2006
      c. UU No. 8 Tahun 2005
      d. UU No. 12 Tahun 2006
      e. UU No. 10 Tahun 2006

26. Pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara adalah....
      a. pasal 30
      b. pasal 28 E
      c. pasal 26
      d. pasal 27
      e. pasal 25 A

27. Pasal yang mengatur tentang pertahanan dan keamanan negara adalah...
      a. pasal 30
      b. pasal 28 E
      c. pasal 26
      d. pasal 27
      e. pasal 25

28. Mereka yang berdasarkan hukum tertentu merupakan anggota dari suatu negara, dengan status kewarganegaraan warga negara asli atau warga negara keturunan asing disebut....
      a. penduduk
      b. bukan penduduk
      c. warga negara
      d. bukan warga negara
      e. rakyat

29. Pertahanan negara disebut juga pertahanan nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan...
      a. kesatuan dan persatuan
      b. kedaulatan negara
      c. Pancasila
      d. militer
      e. wilayah negara

30. Pertahanan dan keamanan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh...
      a. seluruh komponen negara
      b. warga negara
      c. pemerintah
      d. TNI
      e. masyarakat

31. “Penduduk adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia” merupakan bunyi dari pasal....
      a. 27 ayat (1)
      b. 27 ayat (2)
      c. 26 ayat (3)
      d. 26 ayat (1)
      e. 26 ayat (2)

32. Asas ius soli merupakan dasar penentuan kewarganegaraan seseorang berpedoman pada....
      a. tempat kelahiran
      b. keturunan
      c. status hukum
      d. naturalisasi
      e. hubungan darah

33. Setiap negara mempunyai kedaulatan atas laut teritorial yang jaraknya....
      a. 3 mil
      b. 12 mil
      c. 24 mil
      d. 200 mil
      e. 11 mil

34. Wilayah suatu negara yang berada di luar wilayah negara itu disebut wilayah....
      a. negara
      b. teritorial
      c. darat
      d. udara
      e. ekstrateritorial

35. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan....
      a. Pancasila
      b. perda
      c. undang-undang
      d. peraturan pemerintah
      e. peraturan presiden


II.  SOAL ESSAY


1. Jelaskan Pengertian Negara menurut George Jellineck !!
Jawab : Negara adalah kekuasaan dari sekelompok manusia yang berada atau tinggal di wilayah suatu negara

2. Convensi mempunyai sifat-sifat tertentu, sebutkan dan jelaskan !
Jawab : Sifat-sifat convensi, diantaranya:
  • Merupakan kebiasaan yang berulang kali dan terpelihara dalam praktik penyelenggaraan negara
  • Tidak bertentangan dengan UUD dan berjalan lancar
  • Diterima oleh seluruh rakyat
  • Bersifat sebagai pelengkap sehingga memungkinkan sebagai aturan-aturan dasar yang tidak terdapat dalam UUD

3. Sebutkan istilah konstitusi menurut Joeniarto!
Jawab : Joeniarto menyimpulkan bahwa istilah konstitusi mempunyai dua macam arti, yaitu sebagai berikut.
  • Dalam arti luas, yaitu keseluruhan aturan dan ketentuan yang menggambarkan sistem ketatanegaraan suatu negara.
  • Dalam arti sempit, yaitu satu atau beberapa dokumen yang memuat aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang bersifat pokok-pokok atau dasar-dasar dari ketatanegaraan suatu negara.

4. Sebutkan makna yang terkandung dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945 !
Jawab : makna yang terkandung dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945 adalah :
a. Adanya fungsi dan sekaligus tujuan negara Indonesia, yaitu:
  • melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  • memajukan kesejahteraan umum
  • mencerdaskan kehidupan bangsa, dan
  • ikut melaksanakan ketertiban  dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
b. Kemerdekaan kebangsaan Indonesia yang disusun dalam suatu Undang-undang Dasar
c. Susunan atau bentuk negara Republik Indonesia
d. Sistem pemerintahan negara, yaitu berdasarkan kedaulatan rakyat (demokrasi)
e. Dasar negara Pancasila

5. Sebutkan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945!
Jawab : pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 adalah :
  • Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan denan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  • Negara yang berkedaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan
  • Negara berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Baca Juga : Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih                     
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih